Sabtu, 14 November 2015

Perbedaan Gear dan Sprocket

Tugas 7

1.  Gear
Gear adalah roda silinder bergerigi yang digunakan untuk mentransmisikan gerakan dan daya dari satu poros ke poros lain (Robert L. Mott, 2004: Machine Elements in Mechanical Design. hal 301). Perpindahan transmisi ini dilakukan dari satu gear berpasangan dengan gear yang lain pada poros yang berbeda. Gear pendorong (Driving gear) atau biasa disebut pula dengan pinion mendorong driven gear untuk mentransmisikan tidak hanya gerakan melainkan daya dan torsi ditransmisikan pula ke poros dan gear selanjutnya.



Gear (Roda gigi)
Fungsi lain dari gear tidak hanya digunakan untuk mentransmisikan daya dan gerakan saja, melainkan dapat digunakan pula untuk mereduksi kecepatan. Perbedaaan diameter gear yang bepasangan akan mengasilkan kecepatan putar yang bebeda untuk masing-masing gear. Jika gerakan ditransmisikan dari driving gear yang lebih kecil atau pinion ke gear yang lebih besar, maka akan terjadi pengurangan kecepatan putar pada gear kedua yang lebih besar (kecepatan tereduksi). Begitu sebaliknya. Jika gerakan ditransmisikan dari gear yang lebih besar ke gear yang lebih kecil  akan meningkatkan kecepatan putar. Kelebihan lain dari Gear adalah gear bisa dipindah pasangkan dari pasanganan gearnya. Mekanisme seperti ini diterapka pada mekanisme perpindahan gigi di motor dan mobil. Dengan kelebihan gear ini kecepatan putar pada poros bisa divariasikan dengan banyak variasi kecepatan putar.
Contoh Gear
2. Sprocket dan Rantai
Sprocket adalah roda bergerigi yang berpasangan dengan rantai, track, atau benda panjang yang bergerigi lainnya. Sproket berbeda dengan roda gigi; sproket tidak pernah bersinggungan dengan sproket lainnya dan tidak pernah cocok. Sproket juga berbeda dengan puli di mana sproket memiliki gigi sedangkan puli pada umumnya tidak memiliki gigi
Sproket yang digunakan pada sepeda, sepeda motor, mobil, kendaraan roda rantai, dan mesin lainnya digunakan untuk mentransmisikan gaya putar antara dua poros di mana roda gigi tidak mampu menjangkaunya.
Pada sepeda, pengubahan rasio kecepatan putar secara keseluruhan dilakukan dengan memvariasikan diameter dari sproket. Perubahan diameter sproket akan mengubah jumlah gigi dari sproket. Misal, sepeda dengan 10 speed bisa didapatkan dengan menggunakan dua sproket pada poros penggerak dan 5 sproket pada poros roda. Rasio kecepatan yang rendah menguntungkan pengguna sepeda di jalan yang menanjak, sedangkan rasio kecepatan yang tinggi memudahkan untuk bergerak cepat di jalan yang datar.
Pada sepeda motor, tidak ada pengubahan diameter sproket ketika bergerak. Namun perubahan diameter sproket secara manual mampu mengubah tingkat akselerasi dan kecepatan tertinggi dari sepeda motor.
Kendaraan roda rantai dengan sproketnya di bagian depan dan belakang
Sproket juga digunakan pada kendaraan roda rantai. Pada kendaraan jenis ini, jumlah sproket yang terlibat banyak, namun sproket yang menggerakan hanya satu, dua, atau tiga. Sproket yang menggerakan, jika jumlahnya satu, biasanya berada di depan atau belakang kendaraan. Dengan dua sproket penggerak, posisi sproket ada di depan dan belakang. Sproket penggerak ketiga bisa terletak di mana saja dan biasanya posisinya lebih tinggi dari sproket penggerak yang lain.


Berdasar penjelasan diatas perbedaan dari Gear dan Sproket adalah:
Pembeda
Gear
Sporcket
Pasangan
Sama-sama ditransmisikan ke Gear. Bisa dengan diameter yang yang sama atau berbeda.
Antara sprocket ditransmisikan oleh rantai.
Beban Transmisi
Mampu digunakan untuk beban ringan sampai berat.
Hanya digunakan untuk beban ringan.
Center distance (Jarak Pusat)
Relatif pendek. Untuk memperbesar center distance ukuran gear juga akan semakin besar.
Panjang. Dengan ukuran sprocket yang sama center distance dibesar dengan menambah panjang rantai.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Roda_gigi
               https://id.wikipedia.org/wiki/Sproket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar