Mesin jet adalah sebuah jenis mesin pembakaran dalam menghirup udara yang sering digunakan dalam pesawat. Prinsip seluruh mesin jet pada dasarnya sama; mereka mempercepat massa (udara dan hasil pembakaran) ke satu arah dan dari hukum gerak Newton ketiga mesin akan mengalami dorongan ke arah yang berlawanan. Yang termasuk mesin jet antara lain turbojet, turbofan, rocket, ramjet, dan pump-jet.
Mesin ini menghirup udara dari depan dan mengkompresinya. Udara digabungkan dengan bahan bakar, dan dibakar. Pembakaran menambah banyak peningkatan energi dari gas yang kemudian dibuang ke belakang mesin. Proses ini mirip dengan siklus empat-gerak, dengan induksi, kompresi, penyalaan, dan pembuangan terjadi secara berkelanjutan. Mesin menghasilkan dorongan karena percepatan udara yang melaluinya; gaya yang sama dan berlawanan yang dihasilkan adalah dorongan bagi mesin.
Mesin jet mengambil massa udara yang relatif sedikit dan mempercepatnya dengan jumlah yang besar, di mana sebuah pendorong mengambil massa udara secara besar dan mempercepatnya dalam jumlah kecil. Pembuangan kecepatan tinggi dari mesin jet membuatnya efisien pada kecepatan tinggi (terutama kecepatan supersonik) dan ketinggian tinggi. Pada pesawat pelan dan yang membutuhkan jarak terbang pendek, pendorong yang menggunakan turbin gas, yang umumnya dikenal sebagai turboprop, lebih umum dan lebih efisien. Pesawat sangat kecil biasanya menggunakan mesin piston untuk menjalankan pendorong tetap turboprop kecil semakin lama semakin kecil dengan berkembangnya teknologi teknik.
Efisiensi pembakaran sebuah mesin jet, seperti mesin pembakaran dalam lainnya, dipengaruhi besar oleh rasio volume udara yang dikompresi dengan volume pembuangan. Dalam mesin turbin kompresi udara dan bentuk "duct" yang melewati ruang pembakaran mencegah aliran balik dari situ dan membuat pembakaran berkelanjutan dimungkinkan dan proses pendorongan.
Mesin turboprop adalah jenis pesawat pembangkit yang menggunakan turbin gas untuk menggerakkan baling-baling. Turbin gas yang dirancang khusus untuk aplikasi ini, dengan hampir semua output yang digunakan untuk menggerakkan baling-baling. Mesin gas buang mengandung energi sedikit dibandingkan dengan mesin jet dan memainkan peran kecil dalam penggerak pesawat.
Baling-baling ini digabungkan ke turbin melalui gigi reduksi yang mengubah RPM tinggi, torsi output yang rendah untuk RPM rendah, torsi tinggi. Baling-baling itu sendiri biasanya dengan kecepatan konstan (pitch variabel) tipe serupa dengan yang digunakan dengan mesin pesawat yang lebih besar reciprocating.
Dalam bentuk yang paling sederhana turboprop terdiri
dari intake, kompresor, ruang bakar, turbin, dan mendorong nozzle. Udara
ditarik ke dalam intake dan dikompresi oleh kompresor. Bahan bakar ini kemudian
ditambahkan ke udara dikompresi dalam ruang bakar, di mana campuran bahan
bakar-udara kemudian combusts. Pembakaran gas panas memperluas melalui turbin.
Beberapa kekuatan yang dihasilkan oleh turbin digunakan untuk menggerakkan
kompresor. Sisanya ditularkan melalui pengurangan gearing untuk baling-baling.
perluasan lebih lanjut dari gas terjadi di nozel mendorong, dimana gas buang
dengan tekanan atmosfer. Nozel mendorong menyediakan proporsi yang relatif
kecil dari dorongan yang dihasilkan oleh sebuah turboprop.
Pesawat turboprop sangat efisien dengan kecepatan
pesawat sederhana (di bawah 450 mph) karena kecepatan pesawat jet dari
baling-baling (dan buang) relatif rendah. Karena tingginya harga mesin
turboprop, mereka sebagian besar digunakan di mana kinerja tinggi pendek lepas
landas dan mendarat (STOL) kemampuan dan efisiensi pada kecepatan penerbangan
sederhana diperlukan. Aplikasi paling umum mesin turboprop dalam penerbangan
sipil di dalam pesawat komuter kecil, di mana keandalan mereka lebih besar dari
mesin offset reciprocating biaya tinggi awal mereka
Kelebihan
dan Kekurangan Mesin Jet
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1. Full
power energy
2. Dapat
menempuh jarak jauh
3. Low
vibration
|
1. High
fuel consumption
2. High
cost maintenance
3. Bising
|
Kelebihan
dan Kekurangan Mesin Turboprop
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1. Tidak
perlu memerlukan Runway yang panjang untuk Landing
2. Low
fuel consumption
|
1. Bising
2. High
Vibration
3. Tidak
bisa menempuh jarak jauh
|
https://id.wikipedia.org/wiki/Turboprop
Tidak ada komentar:
Posting Komentar