Mobil
listrik
adalah mobil
yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang
disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik
sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian
popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju
dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis energi
pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil
listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh
perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik. Hal ini disebabkan karena
harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat
dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca.
Mobil listrik memang ramah lingkungan, Tapi mobil listrik masih memiliki banyak kekurangan dan kelemahan. Karena sampai saat ini mobil listrik masih dalam pengembangan Toknologi, supaya bisa diterima oleh masyarakat.
Mobil listrik memang ramah lingkungan, Tapi mobil listrik masih memiliki banyak kekurangan dan kelemahan. Karena sampai saat ini mobil listrik masih dalam pengembangan Toknologi, supaya bisa diterima oleh masyarakat.
Spesifikasi Honda Insight Hybrid Gen. I
|
||
Drivetrain
|
||
Engine
& Motor
|
||
Engine Type
|
Lean-Burn Inline 3 Cylinder
|
|
Fuel
System
|
Multipoint EFI
|
|
Materials
|
Aluminium-Alloy
|
|
Valve
Train
|
12 valve SOHC – VTEC-E
|
|
Bore
and Stroke
|
72 mm x 81.5 mm
|
|
Displacement
|
0.995 liter
|
|
Compression
ratio
|
10.8:1
|
|
Electric
Motor
|
10 kW permanent magnet DC
brushless motor.
|
|
Output
|
Without Assist
|
With Assist
|
Power
Max.
|
50 kW (68 hp) @ 5700 rpm
|
56 kW (76 hp) @ 5700 rpm
|
Torque
Max.
|
91 N.m (67 lb ft) @ 4800 rpm
|
133 N.m (83 lb ft) @ 1500 rpm
|
Transmission
|
5 speed manual transaxle
|
|
Electrical
|
||
IMA
Battery Pack
|
144 volt. NiMH
120 cells providing, 1.2 V each.
|
|
Rated
Capacity
|
6.5 Ah.
|
|
Alternator
|
DC-DC converter, 75 A / 14.3 V
|
|
Performance
|
||
Top
speed
|
180 km/h (112 mph)
|
|
Acceleration,
0-60 mph
|
12.0 s (Honda Estimate)
10.6 s (Car & Drive)
|
|
Range
|
Over 1125 km (Over 700 miles)
|
|
Fuel Consumption & Emission
|
||
Fuel
Consumption
|
3.4 l / 100 km (EUDC)
City : 61 mpg.’ Highway : 70 mpg
(EPA)
|
|
CO2
Emission
|
80 g/km
|
|
California
Emission Standards Compliance
|
ULEV
|
Tabel. : Spesifikasi Honda Insight Generasi I
[44]
Sedangkan Mobil konvensional mengandalkan sumber tenaganya dari bahan bakar, seperti bensin, solar, atau gas untuk bergerak. Pemanfaatan mesin pembakaran internal, tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar dimanfaatkan dan diubah menjadi gerakan, yang mampu menggerakkan mobil. Walaupun secara umum menunjukkan kinerja yang baik dengan harga yang murah, mobil konvensional mengeluarkan emisi gas buang yang tinggi dan menciptakan polusi yang banyak dan terus menghabiskan sumber daya alam.
Toyota Innova 2.5 G (Diesel) 8STR
BS4 Specifications
Engine & Transmission
Engine Type
|
4-cylinder, Inline, 2KD-FTV, Diesel With Intercooler Turbocharger
|
Fuel Used
|
Diesel
|
Transmission
|
5-speed manual
|
Engine Displacement
|
2494 cc
|
Mileage
|
|
Fuel Tank Capacity
|
55 litres
|
Mileage (ARAI)
|
12.99 kmpl
|
Perfomance
|
|
Max Power @ rpm
|
101 bhp @ 3600 rpm
|
Max Torque @ rpm
|
200 Nm @ 1400 rpm
|
Drivetrain
|
Rear wheel drive (RWD)
|
Turning Radius
|
5.4 metres
|
Interior Space
|
|
Seating Capacity
|
8 occupants
|
Bootspace
|
620 litres
|
Brakes, Tyres & Suspension
|
|
Front Brake
|
Ventilated Disc
|
Rear Brake
|
Leading-Trailing Drum
|
Front Tyres
|
205/65 R15
|
Rear Tyres
|
205/65 R15
|
Front Suspension
|
Double Wishbone
|
Rear Suspension
|
Four Link With Lateral Rod
|
Dimensions & Weights
|
|
Length
|
4585 mm
|
Width
|
1760 mm
|
Height
|
1760 mm
|
Wheelbase
|
2750 mm
|
Ground Clearance
|
176 mm
|
Vehicle Kerb Weight
|
1675 kg
|
Kelebihan
dan kekurangan mobil listrik dibandingkan dengan mobil bensin adalah sebagai
berikut :
Kelebihan
dan Kekurangan Mobil Listrik
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1. Mobil tidak menggunakan bahan
bakar, sehingga bebas emisi (pencemaran udara)
2. Mobil listrik digerakkan oleh motor listrik, tanpa pembakaran bahan bakar sehingga tidak mengeluarkan karbon dioksida (CO2) 3. Mobil listrik sangat halus, sehingga tidak menimbulkan polusi dan suara bising. 4. Mobil listrik memiliki asumsi pemeliharaan lebih rendah, Karena faktor komponen mobil listrik lebih sedikit bila dibandingkan dengan mobil bensin. |
1. 1. Harga
batery mobil listrik masih Mahal, lebih dari $ 10.000 , inilah yang menjadi
alasan utama masih mahalnya harga mobil listrik.
2. Mobil listrik masih terkendala masalah jarak tempuh, karena dalam jarak atau waktu tertentu power batery akan habis, Sehingga memerlukan Charging ulang. 3. Proses Charging batery membutuhkan waktu 6 jam, sedangkan mobil bensin tinggal isi bahan bakar dalam waktu beberapa menit saja. 4. Mobil listrik tidak bisa digunakan dalam rutinitas yang tinggi, sehingga mobil listrik belum bisa dipakai secara masal. |
Kelebihan
dan Kekurangan Mobil Konvesional
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1. Harga bahan
bakar mobil konvesional lebih murah ketimbang batery mobil listrik
2. Mobil konvesional dapat menempuh jarak lebih jauh. 3.Mobil konvesional memiliki tenaga HorsePower) lebih besar ketimbang mobil listrik. 4. Mobil konvesional memiliki biaya perawatan relatif lebih murah ketimbang mobil listrik. Karena komponennya lebih mudah di cari ketimbang mobil listrik |
|
Demikian perbandingan mobil listrik dengan mobil konvesional yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Sekian dan terimakasih.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_listrik
http://www.hargen.co.id/news/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-mobil-listrik
Terima kasih tas informasinya.
BalasHapusJangan lupa kunjungi kampus kami di ppns.ac.id
Dan blog saya di davidberbagi.wordpress.com
Informasi yang bermanfaat
BalasHapusyuk kunjungi juga
Program Studi Teknik Elektro Universitas Medan Area Mengadakan Kuliah Umum Pengembangan Mobil Listrik
https://www.uma.ac.id/berita/program-studi-teknik-elektro-universitas-medan-area-mengadakan-kuliah-umum-pengembangan-mobil-listrik
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus